Jika hari ini dan esok aku masih hidup, itu karena anugerah Tuhan

Dulu, aku pernah sangat kagum pada manusia cerdas, sangat kaya, berhasil dalam karir hidup dan hebat dalam dunianya. Sekarang, aku memilih untuk mengganti kriteria kekagumanku. Aku kagum dengan manusia yang berkenan di mata Tuhan. Manusia yang taat dan setia melayani Tuhan, sekalipun kadang penampilannya begitu biasa & bersahaja.

Dulu, aku memilih marah karena merasa harga diriku direndahkan ketika orang lain berlaku kasar kepadaku, menggunjingku dan menyakitiku dengan kalimat-kalimat sindiran. Sekarang, aku memilih untuk bersyukur & berterima kasih
karena aku yakin ada kasih yang datang dari mereka ketika aku mampu untuk memaafkan dan bersabar.

Dulu, aku memilih mengejar harta dan kekuasaan dunia, menumpuknya sebisaku. Ternyata aku sadari kebutuhanku hanyalah makan dan minum untuk hari ini dan bagaimana cara membuangnya dari perutku. Sekarang, aku memilih untuk bersyukur dengan apa yang ada, dan memikirkan bagaimana aku bisa mengisi waktuku hari ini denğan penuh kasih dan bermangfaat buat sesama.

Dulu, aku berpikir bahwa aku bisa membahagiakan orang tuaku, saudaraku dan teman-temanku, jika aku berhasil di duniaku. Ternyata yang membuat kebanyakan dari mereka bahagia adalah bukan hal tersebut melainkan sikap, tingkah dan cara pandangku terhadap mereka. Sekarang, aku memilih untuk membuat mereka bahagia dengan apa yang ada padaku.

Dulu, pusat pikiranku adalah membuat rencana-rencana dahsyat untuk duniaku. Ternyata aku menjumpai teman dan saudara-saudaraku begitu cepat pulang menghadap kepada-Nya. Sekarang, yang menjadi pusat pikiran dan rencanaku adalah bagaimana mempersiapkan hati dan berjaga-jaga agar aku selalu siap jika suatu saat namaku dipanggil pulang oleh-Nya.

Tak ada yang dapat menjamin, jika aku masih bisa melihat hari esok lagi.

Tak ada yang dapat memberikan jaminan, bahwa aku masih bisa menghirup nafas di esok hari.

Jika hari ini dan esok aku masih hidup, itu karena anugerah Tuhan

Dreams

“Mengubah cara pandang kita, akan membawa perubahan besar di dalam hidup kita”

Leave a Reply

