ARTI UNTUK HIDUP

Tidak terasa hari semakin berlalu, apa yang aku rasakan hari ini tidak akan kembali lagi untuk kedua kalinya. Semua pergumulan yang aku alami, mengajarkan padaku mengenai apa artinya hidup. Belajar untuk menerima keadaan dan memahaminya mungkin itu lebih baik. Terkadang hidup ini tidak selalu berjalan dengan apa yang aku harapkan, karena hidup ini Tuhanlah yang mengaturnya. Apa yang aku impikan dalam hidupku, tidak semudah yang aku bayangkan untuk menggapainya.

Hidup kita di dunia ini hanyalah singkat. Sekilas aku mengingat kembali perjalan semasa aku masih duduk di bangku sekolah dasar, dari tubuhku yang kecil sampai aku menjadi seorang pemuda. Seakan akan aku merasa semuanya itu berlangsung beberapa jam yang lalu saja, rasanya ingin tertawa mengingat semuanya itu.

Terkadang sebelum tidur aku sering membayangkan, bagaimana kehidupan masa depanku kelak, dan apa yang akan terjadi jika hari kematian itu tiba ? Itu hanya selintas pikiran yang berjalan di dalam kepalaku, terkadang itu membuatku kuatir. Tapi aku sadar, aku tidak perlu kuatir dengan hal tersebut karena Tuhan berkata tentang Hal Kekuatiran dalam kitabNya.

Untuk tetap hidup di dalam dunia ini, manusia harus membuat pilihan untuk menentukan hidupnya.

Kitalah yang harus menentukan pilihan, apakah kita akan berubah menjadi pribadi yang mengagumkan sehingga bisa meraih impian dan mimpi yang kita inginkan atau membiarkan diri kita berada dalam ketertinggalan. Waktu tidak akan datang untuk kedua kalianya, dan kesempatan itu hanya sekali, tetapi tidak ada kata terlambat untuk berubah.

“Hidup ini akan semakin berlalu, percuma jika hanya menyia-nyiakannya karena yang akan ada hanyalah penyesalan, kesedihan, dan kerugian .”

“Memaksimalkan hal yang tidak bisa menjadi bisa”

“Dari begitu banyak motivasi yang di berikan orang-orang, tetapi motivasi yang kuat datang dari diri sendiri.”

Menurut kalian, apakah artinya suatu kehidupan yang sesungguhnya ? Apakah hidup kita hanya selalu bekerja, makan, tidur, dan bekerja lagi ? Apakah itu tidak terasa membosankan ? Ada pepatah yang mengatakan, “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain”,  itulah pepatah dari seorang public figur yang menjadi idolaku.

Begitu banyak pergumulan yang aku alami di tahun ini, ada banyak ingatan masa lalu yang sangat terasa pahit dan akan terus membekas di hati. Hatiku rasanya sangat sakit ketika sekejap terlintas di benak kepala semua masalah yang telah terjadi, rasanya aku ingin memutar kembali waktu yang sudah berlalu itu. Kenapa Tuhan selalu memberikan cobaan yang begitu berat padaku ? Aku tau, aku sungguh bodoh ketika hanya memilih jalan yang aman, ternyata yang ada hanyalah sebuah penyesalan.

Apa yang aku ingin wujudkan selalu mengalami kegagalan …!

Aku kehilangan seorang teman baikku, aku kehilangan orang yang aku sayangi, studiku yang mulai berantakan, dan aku juga kehilangan teman bermain. Pada waktu ini juga Engkau memberikan pergumulan yang sungguh menakutkan di dalam diriku. Tuhan, aku merasa sangat takut dengan apa yang sedang aku hadapi saat ini, rasanya aku tidak sanggup lagi untuk menghadapi ini semua.

“Tuhan, apakah aku masih punya waktu untuk mewujudkan semua mimpi-mimpiku ?”

“Tuhan, apakah aku sanggup untuk mewujudkannya ?”

Aku tau, rasa takut bukanlah menjadi sebuah alasan untuk tidak mencoba!

Terima kasih Tuhan atas waktu yang engkau masih berikan sampai saat ini.

Sekilas aku mengingat semua kejadian masa lalu yang aku alami di tahun ini, aku teringat dengan doaku pada Tuhan waktu aku berulang tahun yang ke- 20.

Ternyata Tuhan sudah menjawab doaku, terima kasih Tuhan.

“Rasa sakit itu hanyalah sementara. Ia bias hilang dalam semenit, atau sejam, atau sehari, atau setahun, tapi pada akhirnya ia akan berakhir dan sesuatu  yang lain akan menggantikannya. Jika aku berhenti, justru rasa sakit itu aka nada terus selamanya.”

 

Leave a Reply

