Tuhan, saya hanya alat yang kecil saja, tetapi di dalam tangan-Mu, saya dapat menjadi alat yang berguna.

Hari ini aku kembali melakukan aktivitas sehari-hari sebagai seorang mahasiswa, setelah liburan yang panjang di akhir tahun kemarin. Tidak terasa sekarang ini sudah tahun 2012, bagi beberapa orang tahun ini merupakan tahun yang penuh harapan, dan bagi beberapa orang tahun ini merupakan tahun yang buruk. Sekilas teringat waktu nonton film 2012, film yang membawa kehebohan di tahun kemarin. Bahwa tahun 2012 dunia akan kiamat, tapi kenyataannya sampai sekarang bumi tempat tinggalku masih memancarkan keindahannya. Meskipun di tahun kemarin banyak bencana yang melanda negaraku, tapi aku bersyukur negaraku mampu bertahan dan sanggup untuk bangkit dari keterpurukan!

Jam menunjukan 09:0O AM, waktuya untuk pergi ke-kampus. Dalam perjalananku menuju kampus sekejap aku melihat ada seorang tukang jual koran, pengemis, orang gila, dan orang yang kakinya lumpuh. Dalam hatiku, aku bertanya-tanya kepada Tuhan:

“Kenapa di dunia ini harus ada perbedaan ?”

“Kenapa harus ada orang kaya dan orang miskin ?”

“Kenapa harus ada orang yang lahir dengan cacat ?”

“Kenapa ? Kenapa? Dan kenapa ?”

Perbedaan selalu saja membuat manusia terpecah, melihat kejadian seperti ini rasanya sangat sedih. Tetapi aku percaya Tuhan selalu punya rencana yang indah bagi umatnya. Lagi pula suatu saat nanti kita akan tinggal di negeri yang dimana disana tidak akan ada lagi perbedaan.

Melihat masih ada banyak orang yang lebih mengalami kesulitan dibandingkan denganku, seharusnya aku bersyukur dengan apa yang aku miliki saat  ini. Hidup ini penuh dengan teka-teki seperti bermain puzzle, tetapi itulah sebuah anugerah yang diberikan oleh yang Maha Kuasa.

Hidup adalah tantangan – hadapilah

Hidup adalah keindahan – kagumilah

Hidup adalah tragedi – tangisilah

Hidup adalah tugas – tekunilah

Hidup adalah misteri – takjubilah

Hidup adalah impian – wujudkanlah

Hidup adalah perlombaan – menangkanlah

Hidup adalah janji – penuhilah

Hidup adalah teka teki – jawablah

Hidup adalah perjalanan – tempulah

Hidup adalah augerah – syukurilah

Hidup adalah kenyataan – telanlah

Hidup adalah kegembiraan – bagilah

Hidup adalah pertualangan – lakonilah

Hidup adalah kesempatan – manfaatkanlah

Hidup adalah pemberian – hargailah

Hidup adalah cinta – terima dan berilah

Hidup adalah perjuangan – tuntaskanlah

Hidup adalah penderitaan – tanggunglah

Hidup adalah dambaan – raihlah

Hidup adalah . . . . . . . . ??

Dan ada begitu banyak tentang arti hidup.

Kita hanya hidup sekali, dan umur kita pun terbatas. Karena itu sebernanya hidup kita berarti, sebab itu sungguh sayang jika hidup ini kita jalani sekedar sebagai rutinitas tanpa menikmati kedalaman maknanya. Hidup itu sungguh indah jika kita mengetahui makna dari kehidupan.

“Tuhan, saya hanya alat yang kecil saja, tetapi di dalam tangan-Mu, saya dapat menjadi alat yang berguna.”

3 thoughts on “Tuhan, saya hanya alat yang kecil saja, tetapi di dalam tangan-Mu, saya dapat menjadi alat yang berguna.

Leave a Reply

