Apakah Aku Menghabiskan Waktu Untuk Sesuatu Yang Berarti ?

Kenapa waktu itu begitu penting dan berharga ? Mungkin karena waktu itu tidak akan datang lagi untuk kedua kalinya.

Terkadang setelah di pikir-pikir, aku kebanyakan menghabiskan waktuku selama ini      sebagai seorang pelajar. Belajar dan menjadi seorang pelajar menjadi sebuah rutinitas sehari-hari dan menjadi suatu keharusan atau menjadi kewajiban kita sebagai seorang anak.  Apakah benar belajar itu hanyalah suatu rutinitas dan tuntutan ? Tidak bagiku, bagiku belajar itu merupakan jalan untuk mengukir masa depan yang gemilang.

Begitu banyak hal yang ingin aku lakukan tetapi selalu saja terhalangi dengan hal-hal yang tidak berarti tetapi menjadi suatu keharusan. Terkadang aku sering menunda-nunda pekerjaan yang ingin aku lakukan untuk masa depanku nanti, sesuatu yang sangat berarti ingin aku lakukan. Tetapi apa yang sudah kurencanakan selalu saja dihabiskan dengan “besok” . Selalu saja “besok”, mungkin “besok” masih banyak waktu untuk melakukannya..

“Kan masih ada hari esok, bukan ?”

“Besok saja, kan masih ada waktu”

Mungkin itulah kalimat yang sering terlintas dalam pikiran kita. Terkadang rasa malas selalu muncul di dalam diri kita sehingga sesuatu yang seharusnya kita lakukan selalu direncanakan dengan besok. Jika kita selalu merencanakan besok untuk melakukan hal yang berarti dalam hidup kita, maka besok tidak akan pernah tiba. Sering kali kita terlambat untuk menyadarinya, sehingga yang ada hanyalah penyesalan !

Karena hari kemarin tidak akan datang untuk kedua kalinya, maka dari itu kita sebaiknya kita memaksimalkan waktu yang ada sehingga tidak ada kata penyesalan dikemudian hari nanti. Mulai saat ini aku juga harus belajar untuk tidak menunda-nunda lagi apa yang sudah seharusnya aku lakukan.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa waktu manusia di bumi ini tidaklah lama. Ada yang mengatakan “nikmatilah masa mudamu”, tetapi yang menjadi pertanyaannya, apakah selamanya kita akan selalu menjadi orang muda ? Tentu saja tidak. Hidup itu selalu bertambah tua seiring berjalannya waktu, bumi saja sudah semakin tua.

Apakah kita hanya akan menghabiskan waktu kita untuk bersenang-senang di masa muda ini ? Kita sungguh bodoh jika melakukan hal tersebut, kita sebaiknya menginvestasikan sesuatu yang berarti dalam hidup kita untuk masa tua kita nanti. Ada pepatah yang mengatakan “Lebih baik besusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian”

 

“Hidup untuk berubah, berubah untuk menjadi dewasa, menjadi dewasa adalah menemukan diri tanpa ada akhirnya.”(Henri Bergson)

Minggu, 03 April 2011. 22:00

Advertisements

One thought on “Apakah Aku Menghabiskan Waktu Untuk Sesuatu Yang Berarti ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s