Pesan DariNya – Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua

Pada dasarnyaingrid setiap agama mengajarkan kepada umatnya untuk selalu menghormati kedua orang tuanya. “Hormatilah Ayah dan Ibumu supaya lanjut umurmu”. Itulah kalimat yang sering kudengar ketika setiap kali aku merayakan ulang tahunku. Menurut logika praktis, sikap berbakti kepada orang tua tidak berhubungan langsung dengan kesuksesan. Alasannya, mungkin kehidupan dan kesuksesan kita tergantung pada usaha kita sendiri. Artinya, orang tua tidak memiliki peran langsung terhadap kita dan kehidupan kita. Akan tetapi, kalau dilihat secara mendalam tentang makna kehidupan kita, peran orang tua sungguhlah amat besar dengan kesuksesan kita. Tetapi ada juga orang yang sukses dan bahagia, namun tidak memiliki hubungan yang baik dengan orang tuanya. Ada orang yang sukses dan bahagia hanya untuk sementara waktu, dengan sebelumnya melantarkan kedua orang tuanya. Kesuksesan dan kebahagian itu bisa saja bertahan beberapa tahun. Akan tetapi dalam perjalanan hidup yang selanjutnya, entah pada usia tuanya, percaya atau tidak percaya akan ada balasan yang tidak baik tersebut. Bisa jadi, suami atau istri orang itu akan menjadi sumber masalah dan menghancurkan hidupnya, anaknya pun justru hanya akan menyengsarakan orang tuanya, atau hartanya malah mencekiknya dengan kehinaan.

Ada seorang perempuan yang membuat hatiku tersentuh. Perempuan  tersebut sering dimarahi oleh orang tuanya, kata-kata kasar pun sering di lontarkan oleh orang tuanya kepadanya tanpa alasan yang jelas, bahkan orang tuanya pernah menyuruhnya untuk pergi dari rumah. Tentu saja dengan sikap orang tuanya itu membuat dirinya merasa sedih dan sakit hati, mata pun tak kuasa menahan air mata yang jatuh setetes demi setetes. Namun perempuan tersebut tidak pernah berhenti untuk mendoakan orang tuanya dan selalu memaafkan sikap orang tuanya itu walaupun orang tuanya sering membuat hatinya terluka. Suatu saat ketika orang tuanya jatuh sakit dan butuh pertolongan, dengan sabar dan setulus hati perempuan tersebut menolong orang tuanya. Kata perempuan tersebut, “Seburuk-buruk apapun sikap orang tuaku terhadap saya, aku akan selalu menghormati dan menghargai pengorbanan mereka yang telah membesarkan saya.”

Biasanya tidak semua orang bisa bertahan dengan keadaan orang tua yang seperti itu, apalagi sedang berada ditengah-tengah permasalahan keluarga, atau hubungan mereka dengan orang tua yang sedang goncang, yang lebih dikenal dengan istilah “Broken Home”. Banyak teman-temanku yang mengalami Broken Home mencari tempat pelarian untuk melampiaskan kekesalan mereka. Ada yang melampiaskannya dengan mabuk-mabukan, berkelahi, ngebut-ngebutan di jalan dan ada juga yang paling fatal yaitu bunuh diri.

Mungkin diantara kita masih ada yang bertanya seperti ini:

“ Bagaimana jika orang tua kita jahat ?

“Bagaimana jika orang tua kita tidak baik ?

“ Atau bahkan Bagaimana jiaka orang tua kita selalu menyakiti kita ?”

“Kalau orang tua kita seperti itu , apakah kita tetap harus berbakti kepada kedua orang tua kita ?”

Berbakti kepada kedua orang tua adalah wajib. Bahkan, ketika mereka sudah meninggal dunia, kita dituntut untuk tetap berbakti. Adapun caranya dengan mendoakan mereka. Terkait dengan sikap mereka yang tidak baik, kita tetap harus berbuat baik. Perbuatan baik disini juga bisa bermakna memaafkan semua kesalahan mereka, atau tetap memperlakukan mereka dengan baik pula. Tetapi bagaimana jika karena begitu kejamnya kedua orang tua, sampai-sampai mereka mengusir kita dari rumah ? Apabila orang tua sudah sangat membeci dan tidak menginginkan kita tinggal bersama mereka, meninggalkan mereka adalah perbuatan yang dibenarkan. Tetapi, berbuat baik kepada mereka dan mendoakan agar mereka sadar dengan perbuatan mereka dan mendapatkan pengampunan menjadi keharusan.

Berbakti kepada orang tua adalah bersifat wajib. Bila ada orang yang berbakti kepada orang tuanya, baik yang masih hidup ataupun telah meninggal, itu adalah pertanda bahwa ia akan meraih kesuksesan dan kebahagiaan di kemudian hari. Maka dari itu, mari kita senang tiasa  selalu menghormati orang tua kita dan berbakti kepada mereka. Selain akan membuat kita tenang lahir dan batin, kita juga  akan meraih keberhasilan dan kebahagiaan.

Harapan orang tua yang begitu besar adalah ketika melihat anaknya meraih keberhasilan dan sukses

Tulisan ini kupersembahkan buat kedua orang tuaku, keluargaku, teman-temanku, dosen agamaku, pendeta tity dan terlebih khususnya buat seseorang yang selalu memberiku semangat hidup. Semoga tulisan ini bisa bermakna untuk kalian. God bless you always.

Minggu, 27 Februari 2011. 17:00

Advertisements

2 thoughts on “Pesan DariNya – Berbakti Kepada Orang Tua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s